Selasa, 15 Oktober 2013

Honda Supra X 125 Tahun 2006 Bore Up Newbie Cc naik jd 137,5 CC

Suprii 125 ku,,

Assalamuallaikum agan2,,
Aq mau berbagi cerita soal goyang ngebor gan, tapi ngebor yang ini bukan punya Mba Inul,, tapi punya HSX 125.

Motor ini aq dapet dari warisan Bos, kalo ga salah tahun 2011 lalu. Kondisi awal alhamdulillah Oli kering, Bodi pada kendor, dan lagi STNK ilang, untungnya masih bisa jalan walaupun suara dah kaya Mesin Parut Kelapa. Tapi masih alhamdulillah gan,, kapan lagi dapat motor gratis..... tul ga..

Motor aq ambil dari Majikan lawasnya, aq cek oli, kosong!! Pantes suara kaya parutan kelapa. Langkah pertama,, isi oli dulu, suara berisik ilang, setelah itu niat kumpulin uang buat bikin STNK yang ilang... ternyata setelah pake 2 minggu suara berisik kembali terdengar,, firasatku mengatakan ini pasti oli, aq cek dan jreng...jreng... kabar gembira oli tidak terdeteksi,,, habis.. (jangan2 ni motor bahan bakarnya bukan bensin tapi oli,,,, soalnya oli 2 minggu habis gan).
Langkah Kedua,, tambah niat kumpulin uang lagi, selain buat bikin STNK baru, juga buat turun mesin...
Setelah uang terkumpul, aq bikin STNK dulu, Harga STNK lewat Kenalan habis sekitar 1 jt-an. Soale sama pajak mati 2 tahun and sehari jadi gan.(malah kurang dari 3 jam).
Setelah STNK yg baru jadi, sekarang waktunya aq turunin mesinnya... (bener-bener sekarang, setelah nunggu 2 tahun buat ngumpulin uang),,, hehehe soal oli yang 2 minggu abis,, paksa ja mpe 2 tahun, yang penting motor jalan... KDRM (Kekerasan Dalam Rawat Motor) dikit... 

Ambil nafas dalam2,, berangkat muter2 daerah Sukmajaya n Cibinong cari Spare Part yang dibutuhin,, dan ni dia hasilnya



Setelah Spare Part dapat, aq bongkar kepala tabung motornya,,


Aq bawa block silindernya ke bengkel bubut di daerah Depok, Emsa (iklan gratis) dan hasilnya juga lumayan bagus. Sambil nugguin bubutan kelar, aq bersihin bagian headnya. Skir Klep in-ex nya,, ganti per klep yang rada kerasan. (biar ga minta pulang) kan biar nutup payung klepnya rapet-pet.
Main jet sama Pilot Jet ganti ukuran 88 sama 38.


Noken as pake produk BRT yang Racing...

CDI juga Pake BRT Dualband...
dan setelah beres di headnya,, aq meluncur ke bengkel bubut lagi buat ngambil Silinder Blocknya yang dah di Bor,, Bawa pulang n Pasang,,,

Setelah jadi,,, dites,, top speed jadi 110 kpj. (perasaan sama ja) heehehee
Tapi sentakannya brooo,,,,
Cobain ja sendirii dah gan...
Oh ya kalo mau Top Speed naik,,, kalo yang murah main di  Sproket Setnya kalo rada mahal ganti Gir Set ... kalo masih kurang Ganti Motor Pake CBR 250....

Spek dan harga :
1. Piston Kaze 2.00 (dia. 55 mm) Ring + Pin plus Boring ga perlu ganti Liner (170 rb)
2. Per Klep BRT Racing (140 rb)
3. Pilot Jet/Main Jet 38/88 AHRS (42,5 rb)
4. Noken As BRT Racing (300 rb)
5. CDI BRT Dualband (400 rb)
6. Knalpot Master (90 rb) bekas
7. Ongkos Kerja bongkar pasang (50 rb)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar